Peluang Bisnis Anda

Contoh RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran : Pemeliharaan/servis sistem pendingin dan komponen-komponennya
OPKR : OPKR-20-010B
Kelas / Semester : XII/V
Pertemuan Ke : 1 (satu) dan 2 (dua)
Alokasi waktu : 6 x 45 menit

Standar Kompetensi : Pemeliharaan/servis sistem pendingin dan komponen-komponennya
Kompetensi Dasar : Memelihara/ servis sistem pendingin dan komponen-komponennya.
Indikator : Siswa mampu menyebutkan dan menjabarkan macam-macam sistem pendingin mesin

I. Tujuan Pembelajaran :

  • Siswa dapat menyebutkan dan menuliskan perlunya sistem pendingin pada mesin
  • Siswa dapat menyebutkan dan menuliskan akibat yang ditimbulkan pada mesin jika mesin terlalu panas dan terlalu dingin.
  • Siswa dapat menyebutkan , menuliskan macam-macam dan prinsip kerja sistem pendingin udara dan air pada suatu kendaraan
II. Materi Ajar : Macam-macam dan prinsip kerja sistem pendingin pada mesin.

III. Metode Pengajaran :
  • Pembelajaran Modul
  • Presentasi
  • Observasi dan Pengamatan
  • Tanya-jawab dan diskusi
IV. Langkah Pembelajaran :

A. Kegiatan Awal :
  • Salam dan doa
  • Pengkoordinasian kelas
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran
B. Kegiatan Inti :
  • Mengarahkan siswa menemukan diagram pengeluaran panas pada mesin dari modul
  • Mengarahkan siswa menuliskan kebuku catatan persentase pengeluaran panas pada mesin
  • Mengarahkan beberapa orang siswa kedepan kelas untuk menyebutkan persentase pengeluaran panas pada mesin
  • Mengarahkan siswa menarik kesimpulan pentingnya sistem pendingin pada mesin
  • Mengarahkan siswa untuk mengidentifikasi akibat yang ditimbulkan pada mesin jika mesin terlau panas dan terlalu dingin pada modul
  • Mengarahkan siswa mengaris bawahi akibat-akibat yang ditimbulkan pada mesin jika mesin terlalu panas dan terlalu dingin pada modul
  • Mengarahkan siswa menuliskan kebuku catatan akibat-akibat yang ditimbulkan pada mesin jika mesin terlalu panas dan terlalu dingin.
  • Mengarahkan beberapa orang siswa kedepan kelas menyebutkan akibat-akibat yang ditimbulkan jika mesin terlalu panas dan terlalu dingin.
  • Mengarahkan siswa untuk membandingkan dan menuliskan prinsip kerja sistem pendingin udara secara alami dan tekan
  • Mengarahkan siswa untuk membandingkan dan menuliskan dibuku catatan prinsip kerja sistem pendingin air alami dan tekan
  • Mengarahkan siswa melakukan pengamatan pada sistem pendingin udara sepeda motor dan sistem pendingin air mobil dan mencatat hasil pengamatan dibuku catatan
  • Mengarahkan beberapa orang siswa didepan kelas untuk mempersentasikan hasil pengamatan yang telah ditemukan.
C. Kegiatan Akhir :
  • Mereview pelajaran
  • Menarik pertanyaan, memberi pertanyaan dan menjawab pertanyaan dari siswa
  • Memberikan test tulis
  • Memberikan PR / Tugas
  • Menginformasikan materi untuk pertemuan berikutnya
V. Sumber Belajar :
  • Modul sistem pendingin
  • Buku manual kendaraan (Toyota)
  • Flow chart
  • Unit Kendaraan
  • Sumber-Sumber lain
VI. Penilaian :

Tes formatif 1

1. Tuliskan alasan utama diperlukan sistem pendingin pada mesin
2. Tuliskan secar ringkas 3 dampak yang ditimbulkan pada mesin jika mesin terlalu panas
3. Tuliskan secara ringkas 3 dampak yang ditimbulkan pada mesin jika mesin terlalu dingin
4. Tuliskan dua jenis sistem pendingin udara dan cara kerjanya
5. Tuliskan dua jenis sistem pendingin air dan cara kerjanya

Kunci Jawaban Formatif 1

1. sistem pendingin diperlukan karena 32 % panas mesin harus dibuang melalui sistem pendingin, jika tidak akan mengakibatkan bahan logam akan mencair, cincin macet, terjadi tegangan termal, ruang bebas akan terhalang.

2. Tiga dampak pada mesin jikamesin terlalu panas
  • bahan akan lunak pada sushu tinggi
  • ruang bebas antara komponen yang saling bergerak menjadi terhalang bila terjadi pemuaian yang berlebihan
  • terjadi tengangan termal
  • pelumas akan rusak bila panas berlebihan
  • pembakaran tidak normal
3. dampak yang ditimbulkan pada mesin jika mesin terlalu dingin
  • Pada motor bensin bahan bakar akan sukar menguap dan campuranbahan bakar dan udara akan menjadi gemuk
  • pada motor diesel bila udara yang dikompresikan dingin akan mengeluarkan asap putih
  • kalau pelumas kental, akan mengakibatkan motor mendapat tambahan tekanan
  • uap yang terkandung dalam gas pembakaran akan terkondensasi pada suhui 50 o c
4. Sistem pendingin udara alami adalah sistem pendingin udara yang melakukan
pendinginan terhadap mesin melalui sirip-siripnyaSistem pendingin udara tekan adalah
sistem pendingin udara yang proses pendinginannya dengan cara mengalirkan udara
kesekitar sirip-sirip pendingin melalui kipas/ emnggerakkan sirip


5. Sistem pendingin air secara alami adalah sistem pendingin air yang mengalir dengan
sendirinya disebabkan oleh perbedaan masa jenis air panas dengan air dinginSistem
pendingin air secara tekan sistem pendingin air yang sirkulasi air dibantu oleh tekanan
pompa

Bangkinang, 2009

Muhammad Ifwandi, S.Pd
NIP : 420 044 119

Mau Lihat Semuanya Klik Disini