tag:blogger.com,1999:blog-39936170153160392472024-02-08T11:34:47.423-08:00SMK TEKNIK MEKANIK OTOMOTIFRPP Otomotif, MODUL Otomotif, JOOB SHEET Otomotif, BISNIS ONLINE,SILABUS Otomotifmuhammad ifwandihttp://www.blogger.com/profile/04088302570912512674noreply@blogger.comBlogger1125tag:blogger.com,1999:blog-3993617015316039247.post-51787345163166197892009-04-27T09:27:00.000-07:002009-04-27T23:08:00.423-07:00Contoh RPP<span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" ><span style="font-weight: bold;">RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN</span><br /><br /><br />Mata Pelajaran : Pemeliharaan/servis sistem pendingin dan komponen-komponennya<br />OPKR : OPKR-20-010B<br />Kelas / Semester : XII/V<br />Pertemuan Ke : 1 (satu) dan 2 (dua)<br />Alokasi waktu : 6 x 45 menit<br /><br />Standar Kompetensi : Pemeliharaan/servis sistem pendingin dan komponen-komponennya<br />Kompetensi Dasar : Memelihara/ servis sistem pendingin dan komponen-komponennya.<br />Indikator : Siswa mampu menyebutkan dan menjabarkan macam-macam sistem pendingin mesin<br /><br /><span style="color: rgb(0, 0, 153);">I. Tujuan Pembelajaran :</span><br /></span><ul><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" >Siswa dapat menyebutkan dan menuliskan perlunya sistem pendingin pada mesin</span></li><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" >Siswa dapat menyebutkan dan menuliskan akibat yang ditimbulkan pada mesin jika mesin terlalu panas dan terlalu dingin.</span></li><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" >Siswa dapat menyebutkan , menuliskan macam-macam dan prinsip kerja sistem pendingin udara dan air pada suatu kendaraan</span></li></ul><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" ><span style="color: rgb(0, 0, 153);">II. Materi Ajar : Macam-macam dan prinsip kerja sistem pendingin pada mesin.</span><br /><br /><span style="color: rgb(0, 0, 153);">III. Metode Pengajaran :</span><br /></span><ul><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" >Pembelajaran Modul</span></li><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" >Presentasi</span></li><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" >Observasi dan Pengamatan</span></li><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" >Tanya-jawab dan diskusi</span></li></ul><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" ><span style="color: rgb(0, 0, 153);">IV. Langkah Pembelajaran :</span><br /><br /><span style="color: rgb(0, 0, 153);">A. Kegiatan Awal :</span><br /></span><ul><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" >Salam dan doa</span></li><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" >Pengkoordinasian kelas</span></li><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" >Menyampaikan tujuan pembelajaran</span></li></ul><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" ><span style="color: rgb(0, 0, 153);">B. Kegiatan Inti :</span><br /></span><ul><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" >Mengarahkan siswa menemukan diagram pengeluaran panas pada mesin dari modul</span></li><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" >Mengarahkan siswa menuliskan kebuku catatan persentase pengeluaran panas pada mesin</span></li><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" >Mengarahkan beberapa orang siswa kedepan kelas untuk menyebutkan persentase pengeluaran panas pada mesin</span></li><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" >Mengarahkan siswa menarik kesimpulan pentingnya sistem pendingin pada mesin</span></li><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" >Mengarahkan siswa untuk mengidentifikasi akibat yang ditimbulkan pada mesin jika mesin terlau panas dan terlalu dingin pada modul</span></li><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" >Mengarahkan siswa mengaris bawahi akibat-akibat yang ditimbulkan pada mesin jika mesin terlalu panas dan terlalu dingin pada modul</span></li><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" >Mengarahkan siswa menuliskan kebuku catatan akibat-akibat yang ditimbulkan pada mesin jika mesin terlalu panas dan terlalu dingin.</span></li><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" >Mengarahkan beberapa orang siswa kedepan kelas menyebutkan akibat-akibat yang ditimbulkan jika mesin terlalu panas dan terlalu dingin.</span></li><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" >Mengarahkan siswa untuk membandingkan dan menuliskan prinsip kerja sistem pendingin udara secara alami dan tekan</span></li><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" >Mengarahkan siswa untuk membandingkan dan menuliskan dibuku catatan prinsip kerja sistem pendingin air alami dan tekan</span></li><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" >Mengarahkan siswa melakukan pengamatan pada sistem pendingin udara sepeda motor dan sistem pendingin air mobil dan mencatat hasil pengamatan dibuku catatan</span></li><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" >Mengarahkan beberapa orang siswa didepan kelas untuk mempersentasikan hasil pengamatan yang telah ditemukan.</span></li></ul><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" ><span style="color: rgb(0, 0, 153);">C. Kegiatan Akhir :</span><br /></span><ul><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" >Mereview pelajaran</span></li><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" >Menarik pertanyaan, memberi pertanyaan dan menjawab pertanyaan dari siswa</span></li><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" >Memberikan test tulis</span></li><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" >Memberikan PR / Tugas</span></li><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" >Menginformasikan materi untuk pertemuan berikutnya</span></li></ul><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" ><span style="color: rgb(0, 0, 153);">V. Sumber Belajar :</span><br /></span><ul><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" >Modul sistem pendingin</span></li><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" >Buku manual kendaraan (Toyota)</span></li><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" >Flow chart</span></li><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" >Unit Kendaraan</span></li><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" >Sumber-Sumber lain</span></li></ul><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" ><span style="color: rgb(0, 0, 153);">VI. Penilaian :</span><br /><br /><span style="font-weight: bold;">Tes formatif 1</span><br /><br />1. Tuliskan alasan utama diperlukan sistem pendingin pada mesin<br />2. Tuliskan secar ringkas 3 dampak yang ditimbulkan pada mesin jika mesin terlalu panas<br />3. Tuliskan secara ringkas 3 dampak yang ditimbulkan pada mesin jika mesin terlalu dingin<br />4. Tuliskan dua jenis sistem pendingin udara dan cara kerjanya<br />5. Tuliskan dua jenis sistem pendingin air dan cara kerjanya<br /><br /><span style="font-weight: bold;">Kunci Jawaban Formatif 1</span><br /><br /></span><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" >1. sistem pendingin diperlukan karena 32 % panas mesin harus dibuang melalui sistem pendingin, jika tidak akan mengakibatkan bahan logam akan mencair, cincin macet, terjadi tegangan termal, ruang bebas akan terhalang.</span><br /><br />2. Tiga dampak pada mesin jikamesin terlalu panas<ul><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" >bahan akan lunak pada sushu tinggi</span></li><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" >ruang bebas antara komponen yang saling bergerak menjadi terhalang bila terjadi pemuaian yang berlebihan</span></li><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" > terjadi tengangan termal</span></li><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" > pelumas akan rusak bila panas berlebihan</span></li><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" > pembakaran tidak normal</span></li></ul><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" > 3. </span><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" > dampak yang ditimbulkan pada mesin jika mesin terlalu dingin</span><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" ><br /></span><ul><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" >Pada motor bensin bahan bakar akan sukar menguap dan campuranbahan bakar dan udara akan menjadi gemuk</span></li><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" > pada motor diesel bila udara yang dikompresikan dingin akan mengeluarkan asap putih</span></li><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" > kalau pelumas kental, akan mengakibatkan motor mendapat tambahan tekanan</span></li><li><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" > uap yang terkandung dalam gas pembakaran akan terkondensasi pada suhui 50 o c</span></li></ul><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" > 4. Sistem pendingin udara alami adalah sistem pendingin udara yang melakukan<br /> pendinginan terhadap mesin melalui sirip-siripnyaSistem pendingin udara tekan adalah<br /> sistem pendingin udara yang proses pendinginannya dengan cara mengalirkan udara<br /> kesekitar sirip-sirip pendingin melalui kipas/ emnggerakkan sirip</span><span style="color: rgb(0, 0, 0);font-size:100%;" ><br /><br />5. Sistem pendingin air secara alami adalah sistem pendingin air yang mengalir dengan<br /> sendirinya disebabkan oleh perbedaan masa jenis air panas dengan air dinginSistem<br /> pendingin air secara tekan sistem pendingin air yang sirkulasi air dibantu oleh tekanan<br /> pompa<br /><br />Bangkinang, 2009 <br /><br />Muhammad Ifwandi, S.Pd<br />NIP : 420 044 119<br /><br />Mau Lihat Semuanya <a target="_blank" href="http://www.ziddu.com/download/4349778/RPPSistemPendinginMesin.pdf.html">Klik Disini</a><br /><br /><br /></span>muhammad ifwandihttp://www.blogger.com/profile/04088302570912512674noreply@blogger.com1